Apa Sih Kolam Pancing Harian, Kiloan & Borongan Itu ?


Apa Sih Kolam Pancing Harian, Kiloan & Borongan Itu ?

Apa Sih Kolam Pancing Harian, Kiloan & Borongan Itu ?Reviewed by kabarmanonFriday, October 23rd, 2020.This Is Article AboutApa Sih Kolam Pancing Harian, Kiloan & Borongan Itu ?Kabarmancing.com, Jakarta – Masih banyak yang belum mengetahui apa sih yang dimaksud dengan kolam pancing harian, borongan dan kiloan, khususnya bagi pemancing pemula yang baru mengenal dunia mancing air tawar di kolam pancing.     Untuk para pemancing yang sudah lama berkecimpung di kolam pancing tentu sudah paham betul apa dimaksud dengan yang diatas. Sedangkan […]

Kabarmancing.com, Jakarta – Masih banyak yang belum mengetahui apa sih yang dimaksud dengan kolam pancing harian, borongan dan kiloan, khususnya bagi pemancing pemula yang baru mengenal dunia mancing air tawar di kolam pancing.

    Untuk para pemancing yang sudah lama berkecimpung di kolam pancing tentu sudah paham betul apa dimaksud dengan yang diatas. Sedangkan pemancing pemula perlu dijelaskan dari ketiga jenis sistem mancing tersebut. Supaya lebih paham betul berikut penjelasannya :

 

Kolam Pancing Harian : Yang dimaksud dengan kolam pancing harian atau mancing harian adalah kolam yang disediakan khusus untuk mancing harian oleh pemilik kolam. Di kolam pancing harian ini biasanya pemancing harus membayar tiket sesuai dengan harga lapak (sewa lapak berikut ikannya-red), baru kemudian si pemancing diperbolehkan memancing di kolam tersebut. Harga perlapak pun berbeda-beda tergantung dari kebijakan pengelola kolam. Mancing harian dapat dilakukan setiap hari. Anda dapat memancing dari pagi sampai sore hari. Bahkan ada kolam pemancingan yang buka selama 24 jam. Ikan hasil tangkapan yang berhasil diperoleh pun dapat dibawa pulang oleh para pemancing tanpa harus membayar lagi. Bagi yang ingin memancing seharian dan membawa hasil tangkapannya, kolam pancing harian merupakan pilihan yang tepat.

 

Kolam Pancing Kiloan : Merupakan kolam pancing yang disediakan pengelola kolam dimana ikan hasil tangkapan ditimbang, baru kemudian dibayar sesuai dengan total berat ikan yang berhasil diperoleh. Dinamakan kolam pancing kiloan karena ikan yang diperoleh tersebut nantinya ditimbang atau dikilo terlebih dahulu. Di kolam pancing kiloan biasanya untuk harga ikan dihitung perkilogram atau per-ons sesuai dengan  harga yang sudah ditetapkan oleh pengelola kolam pancing itu. Jadi Anda seperti membeli ikan, tetapi mancing terlebih dahulu. Bagi yang ingin membawa pulang ikan sebanyak-banyaknya, kolam pancing kiloan sangatlah cocok untuk dicoba.

 

Kolam Pancing Borongan : Adalah suatu bentuk kerjasama antara pemancing atau sekumpulan pemancing untuk menyewa kolam pancing tersebut. Biasanya kolam pancing borongan disewa untuk hal-hal yang sifatnya khusus, misalnya, peringatan ulang tahun suatu klub atau komunitas mancing. Untuk bisa menggunakan kolam pancing borongan itu, pemancing atau kelompok pemancing menyewa kolam tersebut kepada pemilik atau pengelola kolam. Dalam hal ini, untuk waktu memancingnya maupun jumlah ikan yang akan diturunkan atau diisikan di kolam sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Dan ikan hasil tangkapan boleh dibawa pulang, karena sudah diborong oleh pihak penyewa. Sistemnya pun berbeda-beda sesuai dengan kebijakan pengelola kolam atau pun perjanjian yang dilakukan oleh pihak penyewa dan pengelola sebelumnya. Dalam perjanjian kolam pancing borongan ini ada dua macam, pertama, pihak penyewa hanya membeli ikan dari pengelola kolam pancing sesuai dengan kebutuhan mereka, sedangkan kolamnya tidak perlu menyewa. Cara yang kedua, pihak penyewa harus membeli ikan dari pengelola dan juga harus membayar untuk sewa kolam. Selain di kolam pemancingan, untuk kolam pancing borongan dapat juga sekelompok pemancing menawar isi kolam yang dipunyai petani budidaya, baru kemudian memancingnya setelah ada kesepakatan harga. Bagi Anda yang mempunyai kelompok atau komunitas yang hobi memancing dan ingin mancing bersama, kolam pancing borongan adalah jenis yang cocok.(ronald/foto:dok.kabarmancing.com)

example banner
example banner


You may also like