Bambuden : Harian & Lomba Mas, Suasana Nyaman Jauh Dari Kebisingan


Bambuden : Harian & Lomba Mas, Suasana Nyaman Jauh Dari Kebisingan

Bambuden : Harian & Lomba Mas, Suasana Nyaman Jauh Dari KebisinganReviewed by kabarmanonWednesday, November 20th, 2019.This Is Article AboutBambuden : Harian & Lomba Mas, Suasana Nyaman Jauh Dari KebisinganKabarmancing.com, Cibinong, Bogor – Kolam pancing ini dulunya sohor banget, entah kenapa sempat sepi dari perbincangan para pemancing kolam. Namun sejak beberapa tahun belakangan ini nama Bambuden bangkit lagi. Ya, Leman sebagai pengelola terus giat menaikkan pamor Bambuden. Itulah disampaikan beliau.      Lokasinya ada di kawasan Rajeg, Cibinong seluas 7000 meter. Untuk menuju kesana bisa […]

Kabarmancing.com, Cibinong, Bogor – Kolam pancing ini dulunya sohor banget, entah kenapa sempat sepi dari perbincangan para pemancing kolam. Namun sejak beberapa tahun belakangan ini nama Bambuden bangkit lagi. Ya, Leman sebagai pengelola terus giat menaikkan pamor Bambuden. Itulah disampaikan beliau. 

Kolam A (Lomba dan Harian)

    Lokasinya ada di kawasan Rajeg, Cibinong seluas 7000 meter. Untuk menuju kesana bisa menggunakan motor, mobil dan angkutan umum. Dari Jalan Raya Kalimulya mengarah ke Jalan Swadaya dan masuk sejauh 300 meter, tepatnya di belakang Perumahan Renya Residence. Dari lokasinya terlihat nyaman dengan banyaknya pepohonan bambu ditambah lagi parkir motor dan mobil yang luas sekali.

    Bambuden menyediakan 2 kolam. Kebetulan hari itu salah satu kolamnya sedang disewa komunitas mancing asal Depok. Satunya lagi digunakan untuk mancing harian ikan mas. “Beginilah keadaan Bambuden. Suasananya sepi jauh dari kebisingan kendaraan bermotor. Disini banyak tumbuh pohon-pohon bambu,” ungkap Leman yang sejak 2005 dipercaya untuk mengelola. Untuk mempersingkat waktu beliau menjelaskan kenapa dinamakan Bambuden.

    Ya, ceritanya pemilik kolam H. Sidik (Alm)  sejak 2004 mengelola kolam pancing ini. Disinilah Bambuden mulai ramai didatangi pemancing. Awal kata Bambuden karena lokasi pemancingan berupa lembah dan terdapat banyak pohon bambu kemudian diartikan Lembah Bambu. Lalu dimana Aden dalam bahasa Sunda bisa diartikan juragan atau junjungan. Jadi secara arti bahasa Bambuden bisa diartikan Lembah Bambu milik juragan. Hal ini menandakan kualitas pemancingan yang berkelas juragan namun tetap mengusung harkat masyarakat kebanyakan.

    Kian lama nama Bambuden dikenal, selain tempatnya nyaman, H. Sidik pun berbaur dengan pemancing. Waktu terus berjalan dan nama Bambuden mulai perlahan senyap. Untuk membangkitkan kembali oleh Leman sejak dipegang tahun 2005 mulai gencar menggelar lomba mancing mas pelampungan dengan tiket variasi. Hasilnya sampai sekarang nama Bambuden dikenal dan terus didatangi pemancing ikan mas.

Kolam B (Kolam Harian)

    Lebih detailnya Leman menerangkan fungsi 2 kolam tersebut. Pertama, Kolam A atau kolam lomba dengan ukuran kolam 29 x 17 meter digunakan untuk lomba pelampungan mas dan mancing harian. Kolam lomba yang dipakai untuk hari Minggu ini terdiri 36 lapak 2 joran. Tiket dibandrol murah meriah. “Kisaran tiket 100 ribu sampai 80 ribu perlapak. Terkadang main tiket gede 100 ribu sampai 250 ribu perlapak. Tiket 250 ribu mainnya awal bulan,” papar Leman.

    Jika ada lomba terkadang lapak full terkadang tidak penuh, walau pun tidak penuh paling antara 4 sampai 5 lapak kosong. Bagi Leman kekosongan itu tidak mengganggu lomba, hanya hadiah dan jumlah ikan dikurangi sedikit. Sedangkan umpan bebas, dilarang ngebom, maksimal mata kail 3. Hadiah untuk juara ada kategori induk terberat 1, 2, 3 dan total prestasi kiri kanan. Kalau tiket Rp 80 ribu juara pertama Rp 500 ribu, tiket Rp 100 ribu juara pertama Rp 700 ribu, dengan catatan lapak penuh.  

Parkir motor dan mobil tempatnya cukup luas

    Selain untuk kolam lomba, dipakai pula mancing harian mas dari Senin sampai Sabtu kecuali Jumat libur yang buka dari jam 8 pagi sampai 5 sore. Turun ikan 3 kg yaitu pagi 1 kg, siang 1 kg dan sore 1 kg. Umpan di kolam harian bebas, mata kail juga bebas. Kolam harian mas ini juga ramai disambangi dengan harga ikan perkilonya tergantung harga pasar. “Kolam ini bisa disewa tidak ada uang sewa. Ikan minimal 100 kg jika sewa. Kalau bawa ikan sendiri ada uang sewa satu setengah juta. Untuk sewa kolam jauh-jauh hari dan bisa hubungi saya atau datang aja ke kolam,” tambah Leman.

    Selain Kolam A tepat di sisi kolam lomba ada kolam harian yang disebut Kolam B yang buka setiap hari kecuali Jumat libur. Kolam ini jumlah lapaknya 30 main satu joran. Ukuran kolamnya 30 x 6 meter yang dipakai untuk harian ikan mas dengan turun ikan pagi 1 kg, siang 1 kg dengan ukuran ikan sekilo 3. Kolam B bisa disewa minimal ikan turun 50 kg.

    Sementara itu Bambuden juga menyiapkan kantin yang menyajikan beragam lauk pauk, mi instant, gorengan, kopi, teh dan lainnya bahkan juga jual umpan pancing. Ya, Bambuden rasanya layak dikunjungi, mau mancing harian atau ikut lomba silahkan saja. Parkir mobil dan motornya luas, kita pun bisa melihat kendaraan kita yang diparkir, pasalnya jaraknya tidak jauh dari Kolam A. Bagi yang ingin coba, ayo datang ke Bambuden.(rambe/foto:dok.kabarmancing.com)

Pemancingan Bambuden

Jalan Swadaya No 8, Pondok Rajeg,

Cibinong, Kabupaten Bogor

 Telp : 0856 – 9498 9811 / 0812 – 8983 0228

example banner
example banner


You may also like