Sembilang : Jangan Anggap Remeh Ikan Ini. Hati-Hati Tertusuk Patilnya


Sembilang : Jangan Anggap Remeh Ikan Ini. Hati-Hati Tertusuk Patilnya

Sembilang : Jangan Anggap Remeh Ikan Ini. Hati-Hati Tertusuk PatilnyaReviewed by kabarmanonSaturday, April 4th, 2020.This Is Article AboutSembilang : Jangan Anggap Remeh Ikan Ini. Hati-Hati Tertusuk PatilnyaKabarmancing.com, Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan ikan sembilang. Bagi para pemancing ikan satu ini begitu tenar namanya. Ya, sembilang (plotosus canius) dalam bahasa Inggrisnya eeltail catfish, merupakan ikan memiliki bentuk tubuh mirip lele yang juga memiliki patil/sungut beracun. Sembilang merupakan satwa air laut hingga kini banyak ditemukan di perairan laut dangkal dan tak […]

Kabarmancing.com, Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan ikan sembilang. Bagi para pemancing ikan satu ini begitu tenar namanya. Ya, sembilang (plotosus canius) dalam bahasa Inggrisnya eeltail catfish, merupakan ikan memiliki bentuk tubuh mirip lele yang juga memiliki patil/sungut beracun. Sembilang merupakan satwa air laut hingga kini banyak ditemukan di perairan laut dangkal dan tak jarang juga banyak hidup di daerah muara sungai dengan tingkat air payau.

    Dengan memiliki kesamaan famili Plotosidae (eeltail catfish) dan ber-ordo Siluriformes (catfish), populasi ikan yang berada di daerah dengan iklim tropis ini terdistribusi mulai dari Perairan India, Pakistan hingga Perairan Indonesia, Australia, Filipina hingga Papua Nugini. Di banyak perairan laut Indonesia sembilang terdapat dua jenis, sembilang batu dan sembilang lubang.

    Sembilang batu hidupnya di celah batu dan sembilang lubang adalah sembilang yang telah dewasa dan hidup di lubang-lubang yang dibuatnya sendiri. Bobot sembilang lubang bisa mencapai lima kilogram dengan panjang 70 sentimeter. Seorang pemancing dari Thailand pernah menangkap sembilang dengan panjang 150 sentimeter yang kala itu ia pancing pada malam hari.

    Ikan sembilang memiliki rasa gurih jika diolah baik dengan cara dibakar, digoreng atau dipepes dengan dibalut daun pisang yang akan membuat rasa ikan sembilang terasa semakin gurih. Banyak pemnacing yang memburu sembilang untuk dipancing. Sembilang bisa dipancing dengan menggunakan umpan udang api-api yang bisa didapatkan dengan mudah karena udang jenis ini dapat bergerak di dalam air laut sehingga bisa menarik perhatian sembilang untuk memakannya.

           

Mengatasi Racun Sembilang

    Jika Anda pergi memancing untuk mendapatkan sembilang berhati-hatilah dengan patil/sengatnya. Sembilang tergolong ikan berbahaya akan racun yang berada di patilnya yang berada di bagian atas dan samping tubuhnya. Janganlah Anda sampai tergores atau tertusuk oleh patil sembilang, karena bisa mengakibatkan wajah pucat, suhu panas badan yang tinggi menjadikan Anda menjadi sulit tidur dan jika kondisi seperti itu tidak segera ditangani, rasa sakit akan terus bertambah seakan mengganas. Meski begitu racun sembilang tergolong unik, racun yang diidap penderita hanya akan terasa maksimal 24 jam. Lewat daripada itu racun sembilang akan menghilang dan penderita akan kembali sehat seperti semula.

    Jangan menganggap enteng racun sembilang, Anda bisa menggunakan beberapa tips yang sekiranya bisa membantu mengatasi racun sembilang, caranya yaitu lepaskan dan buang patil sembilang yang menusuk bagian tubuh dan tekan luka bagian yang terkena patil hingga keluar darah segar yang masih mengandung racun. Kemudian segera ikat bagian tubuh satu jengkal dari bagian luka dengan kuat agar racun patil tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya, karena bagi korban dengan fisik yang kurang kuat bisa menyebabkan pingsan hingga kematian.

    Jika darah keluar yang megandung racun ikan berkurang, kemudian, maaf, kencingi atau siram luka dengan air seni (sendiri atau dari bisa dari teman), mudah-mudahan bisa mengatasi racun sembilang. Cara ini banyak dilakukan para nelayan meski terasa agak aneh. Selain itu juga beredar mitos yang mengatakan apabila seorang wanita terluka akibat patil sembilang maka wanita tersebut akan mendapatkan hoki atau keberuntungan yang bisa berupa mendapatkan rezeki atau bahkan mudah mendapat jodoh.

    Banyak pemancing yang memburu sembilang yang terbilang memiliki rasa gurih bila diolah. Lindungi tubuh Anda dari sengatan patilnya dan nikmati sensasi fight dengan sembilang di perairan laut dangkal hingga muara sungai. Selamat memancing.(rio/foto:dok.kompasiana.com)

example banner
example banner


0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like