Yuk, Cari Tahu Apa Itu IGFA & Sejarah Berdirinya


Yuk, Cari Tahu Apa Itu IGFA & Sejarah Berdirinya

Yuk, Cari Tahu Apa Itu IGFA & Sejarah BerdirinyaReviewed by kabarmanonSaturday, November 30th, 2019.This Is Article AboutYuk, Cari Tahu Apa Itu IGFA & Sejarah BerdirinyaKabarmancing.com, Jakarta – International Game Fish Association (IGFA) ialah sebuah asosiasi klub mancing international yang kini usianya telah mencapai 80 tahun. Keberadaan badan mancing ini pun anggotanya telah mendunia. Nah, agar para angler lebih tahu apa itu IGFA dan sejarah berdirinya badan mancing yang telah mendunia ini berikut paparannya.     Ya, sebelum tahun 1939 […]

Kabarmancing.com, Jakarta – International Game Fish Association (IGFA) ialah sebuah asosiasi klub mancing international yang kini usianya telah mencapai 80 tahun. Keberadaan badan mancing ini pun anggotanya telah mendunia. Nah, agar para angler lebih tahu apa itu IGFA dan sejarah berdirinya badan mancing yang telah mendunia ini berikut paparannya.

    Ya, sebelum tahun 1939 tidak ada aturan atau tata cara mancing secara universal. Para pemancing hanya mendapat aturan mancing yang diberlakukan oleh klub mancing dimana pemancing itu berada. Aturan itu sendiri antara klub satu dengan yang lainnya saling berlainan. Kemudian muncullah ide dari membuat asosiasi para pemancing di laut yang meliputi pemancing dari Negara Inggris, Australia dan Amerika. Pada waktu itu para angler yang bergabung menjadi anggota British Tunny Club bermarkas di Inggris. Mereka lantas membuat aturan mancing dan sayangnya sempat berhenti lantaran terjadi perang dunia.

    Sampai suatu ketika, Michael Lerner mengorganisir ekpedisi mancing ke Perairan Australia dan New Zealand dan berkunjung ke American Museum of Natural History di  New York. Ia mendengar tentang British Tunny Club’s lantas ia mulai mendiskusikan ide klub itu yang pernah terhenti lantaran perang. Lantas ia mulai mengumpulkan para pemancing di daerah California, Florida, Long Islander dan wilayah-wilayah lainnnya. Ia juga mengumpulkan pemancing Inggris untuk saling membuat suatu aturan mancing yang bisa diterima secara universal dan dan mendata rekor-rekor mancing.

    Ide membuat asosiasi mancing ini didukung oleh ilmuwan Dr. William King Gregory, yang merupakan Kepala Departemen Ichthyology and Comparative Anatomy di Museum Sejarah Asli Amerika. Ia juga merupakan salah satu orang yang ikut dalam saebuah ekspedisi ke Australia – New Zealand. Dr. William King Gregory sangat antusias mengenai pembentukkan asosiasi pemancing dunia dan mulai saat itu memberikan pemikiran bahwa pembentukan asosiasi ini juga harus mencangkup masalah keilmiahan.

    Sepulangnya dari ekpedisi mancing dari Australia – New Zealand ke Amerika, mereka lantas membuat surat kepada para pemancing di luar Amerika, klub-klub mancing, pabrik pembuat piranti mancing untuk mewujudkan ide pembuatan asosiasi secara bersama.

    Barulah pada tanggal 7 Juni 1939 para angler berkumpul membentuk International Game Fish Association (IGFA). Pembentukan pertama dilakukan di American Museum of Natural History. Pengurusnya William King Gregory (Ketua Pertama), Michael Lerner. Untuk sekretaris dijabat oleh Van Campen Heilner dan Francesca LaMonte. Untuk pendataan spesies ikan dibantu oleh Associate Curator of Fishes.

    Setelah terbentuknya IGFA banyak klub mancing yang bergabung dan aktif. Sampai pada Januari 1940 IGFA mengadakan pertemuan yang diikuti 2 asosiasi keilmuan, 10 klub dan 12 perwakilan pemancing dari berbagai negara. Baru pada pertemuan berikutnya pada tahun 1948 mengalami perkembangan yaitu 10 asosiasi keilmuan, 80 klub, 41 perwakilan pemancing dari berbagai negara.

    Pada dekade barulah muncul pemancing kawakan seperti Ernest Hemingway, Philip Wylie, B. David Crowninshield dan Charles M. Breder, Jr dan mereka duduk sebagai pemimpin dalam bidang keilmuan secara aktif.

    Untuk masalah operasional keuangan dipimpin langsung oleh Michael Lerner. Sementara Dr. Gregory membuat museum pada tahun 1944, sebagai bentuk pencatatan sejarah mancing. Setelah kepengurusan Michael Lerner, berlanjut berganti yang menjabat ketua yaitu William K. Carpenter, Elwood K. Harry, Michael Leech dan Rob Kramer.

    Kantor IGFA pun juga pernah berpindah-pindah. Pada dekade tahun 1950-an dari New York pindah ke Florida, pertama di Miami, pada tahun 1967 di Fort Lauderdale, pada tahun 1992 di Pompano Beach, dan pada tahun 1999 hingga sekarang IGFA Fishing Hall of Fame & Museum berada di Dania Beach.(ronald-berbagai sumber/foto:istimewa)

example banner
example banner


You may also like