Tips Menyerok Ikan & Cara Melepas Kailnya


Tips Menyerok Ikan & Cara Melepas Kailnya

Tips Menyerok Ikan & Cara Melepas KailnyaReviewed by kabarmanonWednesday, May 6th, 2020.This Is Article AboutTips Menyerok Ikan & Cara Melepas KailnyaKabarmancing.com, Jakarta – Bagi sebagian besar para maniak mancing ikan mas, saat yang paling mengasikan dan mendebarkan adalah ketika umpan dimakan ikan. Kalau sudah begitu, sudah pasti langsung menggentak joran agar ikan benar-benar bisa tertangkap. Namun semuanya itu tidaklah semudah yang dibayangkan ada tips dan caranya. Berikut tips yang sebaiknya patut diperhatikan saat mengangkat ikan […]

Kabarmancing.com, Jakarta – Bagi sebagian besar para maniak mancing ikan mas, saat yang paling mengasikan dan mendebarkan adalah ketika umpan dimakan ikan. Kalau sudah begitu, sudah pasti langsung menggentak joran agar ikan benar-benar bisa tertangkap. Namun semuanya itu tidaklah semudah yang dibayangkan ada tips dan caranya. Berikut tips yang sebaiknya patut diperhatikan saat mengangkat ikan :

Bila ukuran ikan cukup besar jangan mengangkat langsung dengan kenur atau joran, karena bibir ikan mas mudah robek dan kenur bisa putus atau joran Anda bisa patah. Gunakan seser (serokan) untuk mengangkatnya dan ikan yang menyerah biasanya badannya akan terguling atau bagian kepala telah mendongak keluar dari air dan gerakannya sudah tidak liar lagi. Lalu benamkan seser hingga benar-benar tenggelam, arahkan ikan ke seser lalu serok dari bawah ikan tersebut.
Untuk melepas kail yang menancap pada mulut ikan memang tugas pembantu (kedi) Anda. Tetapi terkadang ada saatnya dimana kita sendiri selaku pemancing yang harus melakukan hal tersebut. Berhati-hatilah saat melepaskan kail, kalau menancap pada tangan Anda akan sulit untuk melepaskannya. Caranya, gunakan lap untuk memegang badan ikan yang licin, biarkan ikan menggelapar pada serokan. Bila ikan terdiam pegang ikan dengan tangan kiri, tekan agak keras bagian perut dengan jempol kiri Anda. Ambil tang atau alat khusus pelepas kail (disgorger). Apabila tak ada, pegang kail yang menancap  dengan jari telunjuk dan jempol kanan lalu tarik kail mengikuti arah lengkungannya. Bila agak sulit, dorong kail terlebih dahulu sebelum mencoba membukanya lagi.
Jika kailnya tertelan terlalu dalam dan Anda tidak membawa alat pelepas kail, carilah ranting pohon yang kira-kira masuk ke mulut ikan. Ikutilah arah kenur pancing lalu dorong kailnya hingga terlepas dan keluarkan kail berbarengan dengan ujung ranting yang masuk ke mulut ikan.(jajat/foto:dok.kabarmancing.com)

example banner
example banner


You may also like