Umpan Lumut, Ampuh di Air Tawar yang Disukai Pemancing Nila


Umpan Lumut, Ampuh di Air Tawar yang Disukai Pemancing Nila

Umpan Lumut, Ampuh di Air Tawar yang Disukai Pemancing NilaReviewed by kabarmanonSunday, August 2nd, 2020.This Is Article AboutUmpan Lumut, Ampuh di Air Tawar yang Disukai Pemancing NilaKabarmancing.com, Jakarta – Siapa tak kenal dengan lumut. Semua orang ketika ditanya pasti akan menjawab tahu dengan tumbuhan yang satu ini. Ya, lumut tergolong tumbuhan air yang hidup liar. Danau dan pesawahan merupakan tempat yang disenangi lumut untuk tumbuh secara bebas. Bagi sebagian petani keberadaan lumut sangat menyebalkan. Namun di mata para pemancing, tumbuhan liar […]

Kabarmancing.com, Jakarta – Siapa tak kenal dengan lumut. Semua orang ketika ditanya pasti akan menjawab tahu dengan tumbuhan yang satu ini. Ya, lumut tergolong tumbuhan air yang hidup liar. Danau dan pesawahan merupakan tempat yang disenangi lumut untuk tumbuh secara bebas. Bagi sebagian petani keberadaan lumut sangat menyebalkan. Namun di mata para pemancing, tumbuhan liar ini dapat dijadikan sahabat yang mampu mendatangkan keuntungan.

    Biasanya pemancing yang senang mancing di air tawar seperti danau atau setu selalu membawa umpan lumut. Hal ini semakin menguatkan rasa ingin tahu kita tentang keistimewaan umpan lumut ini. Beberapa pemancing pun mengakui bahwa ikan-ikan yang hidup di sekitar danau atau setu lebih menyukai umpan lumut daripada umpan lain.

    Ya, dengan umpan lumut, setiap hari pemancing bisa mendapatkan ikan dalam jumlah besar. Pengalaman seperti ini pun sering dialami para maniak mancing di setu dan danau. Bahkan ada seorang pemancing yang selalu membawa berbagai jenis umpan, namun dari sekian banyak umpan yang dibawanya, umpan lumutlah yang paling sering disambar ikan.

    Cara pembuatan umpan berbahan dasar lumut ini sebenarnya cukup sederhana. Anda tinggal menyiapkan lumur segar yang banyak tumbuh di sawah dan danau. Lumut yang merupakan tumbuhan liar tidak memerlukan cara pengolahan yang tidak begitu lama. Lumut tersebut tinggal dicampur dengan garam secukupnya. Pemberian garam ini dimaksudkan untuk membuat lumut lebih kenyal.

    Sebelum digunakan untuk mancing, sebaiknya air danau ditaburi dengan dedek (butiran halus bekas penggilingan padi). Fungsi dedek ini untuk memancing ikan agar berkumpul di tempat yang telah ditaburi dedek. Menggunakan umpan lumut juga sangat sederhana, Anda tinggal memasukkan mata kail ke dalam lumut bercampur garam. Kemudian mata kail digoyang- goyangkan hingga lumut bergumpal di mata kail. Setelah itu mata kail diangkat dan siap untuk digunakan.

    Yang perlu diingat bahwa tidak semua ikan yang menyenangi umpan lumut ini. Namun biasanya umpan lumut ini banyak digunakan oleh pemancing untuk memancing ikan nila.(iwan setiawan/foto:dok.kabarmancing.com)

example banner
example banner


You may also like